7 Keutamaan Infak Sedekah Yayasan Berkah Yatim Indonesia


7 Keutamaan Infak Sedekah Yayasan Berkah Yatim Indonesia

Keutamaan Infak Sedekah - Pengertian infaq adalah mengeluarkan sebagian harta maupun penghasilan yang dimiliki untuk suatu kepentingan yang diperintahkan oleh agama Islam. Sedangkan sedekah merupakan harta maupun non harta yang dikeluarkan oleh seseorang ataupun badan usaha di luar zakat yang dipergunakan untuk kemaslahatan umum.

Berikut ini 7 Keutamaan Infak Sedekah

1.Manfaat Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Manusia memang tidak luput dengan dosa. Kesempurnaannya dipertanyakan apakah kita pantas disebut makhluk yang sempurna padahal kita selalu enggan untuk meminta ampun dengan apa yang telah kita perbuat.

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Sedekah, itulah cara mudah yang disediakan Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa kita. Cukup dengan tersenyum saja, Anda sudah bersedekah karena senyum adalah salah satu sedekah termudah yang dapat kita sebarkan dengan mengukir garis senyum di bibir kita.

2. Menjaga Rezeki Agar Tetap Berkah

Dengan membayar infak, maka seorang muslim berkesempatan untuk bisa menjaga rezeki agar tetap berkah. Memang, berkah atau tidaknya suatu rezeki hanya Allah SWT yang mampu mengetahuinya.

Sebagai manusia, yang bisa dilakukan hanyalah berusaha untuk menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan benar. Adapun salah satu cara untuk menjaga rezeki agar tetap berkah yakni dengan rutin melakukan infak.

3. Mengutamakan Sedekah Tidak Akan Mengurangi Harta

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Apakah gaji Anda belum cukup untuk penghasilan sehari-hari? Apakaah Anda masih memikirkan bagaimana biaya sekolah anak-anak Anda yang masih juga belum cukup?

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk bersedekah. Bukan hanya membersihkan diri dari dosa, tetapi keutamaan sedekah juga dapat mendatangkan rezeki lagi kepada kita. Jika kita yakin bahwa diri kita bersedekah karena Allah, insha Allah akan digantikan dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

4. Allah Melipatgandakan Pahala Orang-Orang yang Bersedekah

Allah Maha Melihat, al-Basir البصير Setiap apapun yang dilakukan oleh kita, pasti Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى akan melihat kita. Sedekah sedikit apapun itu pasti Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melihatnya. Disitulah Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى melipatgandakan pahala orang-orang yang bersedekah.

Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berfirman yang artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Baqoroh: 261)

5. Keutamaan Sedekah Mendapat Naungan di Hari Akhir

Rasulullah telah jelas mengungkapkan tentang orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat nanti, salah satunya adalah orang-orang yang bersedekah.

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. (HR. Bukhari)

Itulah beberapa keutamaan sedekah dalam Islam yang bermanfaat bagi kita. Jangan takut untuk hilang harta, jangan takut juga untuk mengulurkan tangan kanan kita. Anda juga bisa mendapatkan akses bersedekah dengan Yayasan Berkah Yatim Indonesia untuk memulainya.

6. Amalan yang Tidak Putus

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa harta di dunia tidak akan ada gunanya karena tidak bisa dibawa mati.

Namun, banyak juga orang yang tidak menyadari bahwa harta yang dimiliki akan mampu mengantarkan seorang muslim menuju amalan yang kekal. Hal ini bisa terjadi ketika harta yang dimiliki disedekahkan di jalan Allah.

Kelak ketika wafat, setiap manusia hanya memikirkan nasib dirinya sendiri, apakah nanti mendapatkan siksa kubur atau diloloskan menuju alam yang selanjutnya. Satu-satunya teman sejati yang dimiliki adalah amal perbuatan semasa di dunia.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk berinfak karena amalan tersebut akan terus mengalir bahkan saat seorang muslim sudah meninggal.

7. Menolak Bala atau Musibah.

Keutamaan bersedekah dan berinfaq yang selanjutnya adalah dapat menolak bala atau musibah. Hal ini sesuai dengan hadist nabi yang menyebutkan bahwa satu-satunya amalan yang dapat menolak musibah adalah berinfaq dan bersedekah.

Dengan berinfak kamu secara tidak langsung sudah membantu orang lain, orang lain yang kamu bantu tentunya akan mendoakan kamu agar terhindar dari musibah. Hal inilah yang membuat infaq akan melindungi kamu dari marabahaya atau musibah.