9 Keutamaan Bulan Ramadhan, Penuh Berkah!


9 Keutamaan Bulan Ramadhan, Penuh Berkah!

  

Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan serta keberkahan, hal itulah yang membuat semua umat muslim berbondong-bondong menyiapkan diri. Apalagi keutamaan bulan Ramadhan sangatlah berlimpah.

Sayang sekali jika Anda tidak menyambut dan mempersiapkan diri dengan baik. Karena pada bulan Ramadhan setiap amal perbuatan akan berlipat ganda pahalanya. Tentu semua oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan dan keistimewaan dalam bulan Ramadhan tentu menjadi waktu terbaik bagi umat Islam untuk memperbaiki diri. Selain memperbaiki diri, juga meningkatkan keimanan.

1. Berlipat Ganda Pahalanya

Keutamaan bulan Ramadhan adalah ada banyak pahala yang berlipat ganda. Tentu semua itu datangnya dari Allah untuk diberikan kepada umat Islam yang menjalankan ibadah kebaikan selama bulan Ramadhan.

“Setiap kebaikan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan dari sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat terkecuali puasa. Sebab puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya kepada orang-orang yang telah menahan syahwat, makan dan minum karena-Ku.” Firman Allah dalam hadits Qudsi.

2. Bulan Turunnya Al-Quran

Selanjutnya yaitu bulan turunnya Al-Quran. Sebagaimana Allah berfirman dalam ayat keutamaan bulan Ramadhan Surat Al-Baqarah 185 yang artinya :

“Bulan Ramadhan adalan bulan yang di dalamnya turun Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda antara yang benar dan yang batil.”

Memperbanyak bacaan Al-Quran pada bulan Ramadhan sangatlah harus Anda lakukan, tidak hanya untuk orang yang sudah lancar saja. Tetapi, juga bagi orang yang masih terbata-bata dalam membaca Al-Quran.

Allah akan memberikan pahala yang mulia sesuai dengan hadits nabi dari Aisyah :

“Orang yang ahli dalam Al-Quran akan bersama para malaikat pencatat yang mulia lagi benar. Dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al-Quran serta bersusah payah dalam mempelajarinya, maka baginya pahala dua kali.” HR. Bukhari Muslim.

3. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutup Pintu Neraka

Keutamaan bulan Ramadhan ketiga yaitu pintu surga akan terbuka dan pintu neraka tertutup serta setan-setan akan terikat. Dalam hal ini Allah telah memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga.

Caranya dengan Anda mengerjakan ibadah dan amal shalih selama Ramadhan. Penjelasan lengkapnya terpapar melalui HR Tirmidzi dengan terjemahan sebagai berikut:

“Jika awal Ramadhan tiba. Maka, setan-setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka tutup, tidak ada satupun pintu yang akan buka. Sementara, pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada satupun pintu yang tutup.”

Melanjutnya artinya: “Lalu ada seruan pada bulan Ramadhan : Wahai orang yang menginginkan kebaikan, maka datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, maka tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang yang akan terbebas dari neraka.”

4. Adanya Malam Penuh Kemuliaan dan Keberkahan

Keutamaan bulan Ramadhan dalam Al-Quran yaitu adanya malam penuh kemuliaan dan keberkahan. Suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu bernama malam lailatul qadar.

Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir bulan Ramadhan merupakan saat Al-Quranul Karim turun. Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Qadr ayat 1-3 yang artinya: 

“Sesungguhkan Kami telah menurunkannya Al-Quran pada lailatul qadar malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Selain dalam QS. Al-Qadr, Allah juga berfirman dalam QS. Ad Dukhan ayat 3 yang artinya “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.”

5. Terkabulnya Doa-doa

Selain keempat keutamaan bulan Ramadhan tersebut, bulan Ramadhan merupakan waktu terbaik untuk memperbanyak doa. Lantaran akan ada banyak peluang besar untuk terkabulnya sebuah doa.

Hal itu termuat dalam HR. Tirmidzi dan HR. Hasan yang artinya “Tiga orang yang doanya tidak ditolak; Orang yang berpuasa hingga ia berbuka puasa, pemimpin yang adil dan doa orang yang dizalimi.”

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari bulan Ramadhan. Dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa, maka pasti terkabulkan.” HR. Al-Bazaar.

6. Bulan Penuh Ampunan

Keutamaan bulan Ramadhan yang wajib Anda ketahui selanjutnya yaitu bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan. Rasulullah SAW bersabda yang artinya sebagai berikut :

“Dari Shalat ke Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dari Ramadhan ke Ramadhan. Semua itu dapat menghapuskan dosa-dosa antara waktu tersebut. Jika menjauhi dosa-dosa besar.” HR Muslim no.233.

Melalui ibadah puasa serta rangkaian amalan Islam lainnya ini menjadi alasan penghapusan dosa yang telah Anda lakukan sebelumnya. Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang artinya :

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT. Maka, diampuni dosa-dosa yang telah lalu.” HR. Bukhari dan Muslim.

Selain hal itu, tentu ada amalan lain seperti shalat tarawih yang pengerjaannya setiap malam pada bulan Ramadhan. Hal ini juga turut menghapus dosa-dosa yang telah lalu, sebagai hadits Rasulullah SAW yang artinya :

“Barangsiapa yang berpuasa melakukan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT. Niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” HR. Bukhari dan Muslim.

7. Bagian Dari Rukun Islam

Keutamaan Ramadhan lainnya yaitu bulan yang termasuk dalam bagian rukun Islam. Lebih tepatnya ada pada keutamaan puasa Ramadhan yang merupakan rukun Islam keempat.

Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda yang artinya, “Islam dibangun atas lima rukun : Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan berhaji ke Baitullah.”

8. Adanya Ibadah Khusus

Seperti yang sudah terpapar sebelumnya bahwa dalam bulan Ramadhan terdapat shalat tarawih. Shalat tarawih inilah yang menjadi salah satu ibadah khusus dalam keutamaan bulan Ramadhan.

Hukum melaksanakan shalat tarawih yaitu sunnah. Akan tetapi, pahala mengerjakannya seperti menjalankan ibadah wajib berbulan-bulan. Shalat tarawih juga mempunyai berbagai kesamaan, seperti :

“Barangsiapa yang melakukan qiyam Ramadhan atau shalat tarawih karena iman dan mencari pahala. Maka, dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni.” HR. Bukhari dan Muslim.

9. Bulannya Berbagi

Ada banyak amalan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ridha Allah, salah satunya melalui pintu sedekah. Setiap seseorang berbagi pada hakikatnya harta tidak akan berkurang, justru akan bertambah dan berlipat ganda.

Selain itu, ada hadits tentang keutamaan bulan Ramadhan yang merupakan bulannya berbagi ini juga menjadi suatu bentuk investasi untuk akhirat. Alasannya terpapar dalam HR. Bukhari yang artinya :

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Beliau lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan saat beliau bertemu dengan Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Quran. Dan kedermawanan Rasulullah SAW melebihi angin yang berhembus.”

Dari hadits itulah Anda dapat mengambil pelajaran bahwa Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk bersedekah.

Demikian beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang bermanfaat bagi semua orang. Jangan sampai Anda melewatkan berbagai keutamaan pada bulan Ramadhan untuk memperbaiki diri dan mendapatkan ridha Allah SWT.

Salah satu amalan yang bisa Anda mulai dari sekarang agar menjadi kebiasan yaitu sedekah. Anda bisa bersedekah melalui Yayasan Berkah Yatim Indonesia. Donasi akan kami salurkan kepada mereka yang membutuhkan. Ayo sedekah sekarang!