Beberapa Hal Tentang Wakaf Yang Perlu Kamu Ketahui


Beberapa Hal Tentang Wakaf Yang Perlu Kamu Ketahui

  

Wakaf merupakan pemberian sebuah harta yang diperuntukkan demi kepentingan umum. Biasanya wakaf banyak dijadikan pilihan sebagai salah satu investasi akhirat. Lantas, apa keutamaan wakaf sehingga banyak menarik minat umat muslim?

Tujuan dari wakaf sendiri sebagai bentuk penyerahan diri atau pendekatan seorang hamba kepada Allah SWT. Pemberian wakaf untuk kepentingan umum bertujuan agar pahala terus mengalir meskipun orang yang mewakafkan telah meninggal dunia.

Apa yang menjadi perbedaan antara wakaf dan zakat. Meskipun keduanya memiliki persamaan amalan bagi umat Islam yang mampu. Tetapi hukum dari zakat sendiri adalah wajib, sedangkan wakaf sunnah.

Jenis-Jenis Wakaf

Apa berapa jenis wakaf menurut kaidah Islam? Jenis wakaf sendiri terbagi menjadi 5 bagian, antara lain :

1. Wakaf Musytarak

Musytarak merupakan salah satu jenis waqaf yang menggunakan hartanya untuk kebersamaan serta dimiliki oleh keturunan pewakaf. Musytarak masih berlaku dalam hukum wakaf di negara seperti Singapura dan Malaysia.

2. Wakaf Khairi

Jika Anda sering mendengar bahwa wakaf merupakan pemberian sebuah harta untuk kepentingan umum, maka namanya adalah wakaf Khairi. Wakaf ini berlangsung apabila si pemberi wakaf memberikan beberapa syarat penggunaan.

Seperti dengan tujuan untuk kepentingan umum. Contohnya pembangunan mushola, masjid, sekolah, maupun rumah sakit. Anda perlu tahu bahwa hukum dari wakaf Khairi tidak ada hubungannya dengan keluarga, pertemanan, maupun kekerabatan.

3. Wakaf Ahli

Sesuai dengan penamaannya, wakaf ahli banyak terjadi dengan tujuan pemberian kepada keluarga maupun kerabatnya. Biasanya wakaf ahli berlaku atas dasar nasab pemberi serta penerima wakaf.

Beberapa negara yang masih menerapkan hukum wakaf ahli seperti Lebanon, Turki, Mesir, Irak, Libya, serta Syria. Tetapi sebagian dari negara lain menghapusnya karena pengaruh dari banyak faktor salah satunya melanggar hukum ahli waris.

4. Wakaf Benda Bergerak

Selain dalam bentuk harta yang ditujukan untuk kepentingan umum seperti tanah. Terdapat juga wakaf benda bergerak, contohnya seperti kendaraan. Hukum dari wakaf benda bergerak ini juga berlaku untuk sumber daya yang tidak pernah habis.

Beberapa contohnya seperti air, bahan bakar, serta hak kekayaan intelektual.

5. Wakaf Benda Tidak Bergerak

Harta dalam hukum wakaf sangat banyak. Salah satunya pembagian dalam bentuk benda tidak bergerak. Anda bisa memberikan wakaf dalam bentuk hak tanah, tanaman, maupun bangunan.

Syarat Sah Wakaf

Untuk membuat wakaf yang Anda berikan menjadi sah. Maka, terdapat beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Apa saja syarat sah wakaf? Berikut pembahasannya :

1. Al-Waqif

Seorang yang memberikan wakaf merupakan al-waqif. Al-Waqif harus memiliki kemampuan bertindak terhadap harta yang akan diberikan. Seperti dalam kondisi telah dewasa, berakal, dan sehat mandiri.

2. Al-Mauquf

Al-Mauquf merupakan harta yang akan menjadi benda wakaf. Syarat harta akan dianggap sah apabila memenuhi beberapa persyaratan, seperti : benda wakaf merupakan harta berharga yang memiliki manfaat untuk umat.

Selain itu, benda juga menjadi kepemilikan sepenuhnya pemberi wakaf, jumlah dari benda atau total wakaf diketahui secara pasti (baiknya tertulis agar tidak memberikan dampak buruk di belakang).

Terakhir, harga dari wakaf dapat dialihkan atau boleh sebagai benda wakaf.

3. Al-Mauquf ‘Alaih

Berdasarkan penggolongannya, maksud dari al-mauquf ‘alaih adalah terdapat dua pihak yang mendapat manfaat dari wakaf. Diantaranya pihak tertentu dan pihak non khusus.

Maksud dari pihak tertentu seperti golongan yang pasti mendapatkan keuntungan dan tidak dapat diubah. Sedangkan yang tidak pasti seperti fakir miskin dan tempat ibadah.

4. Shigah

Syarat terakhir adalah shigah. Artinya adalah ucapan pada saat melakukan wakaf dan memiliki arti yang kekal sebagai wasiat dari harta tersebut. Beberapa syaratnya adalah

a. Ucapan shigah mengandung keabadian, sehingga tidak sah jika mengandung batasan waktu

b. Ucapan shigah harus segera terlaksana tanpa adanya tambahan persyaratan

c. Shigah berlangsung dengan pasti

d. Pengucapan shigah tidak mendatangkan kondisi yang mampu membatalkannya.

Keutamaan Wakaf

Setelah mengetahui jenis dan syarat untuk melakukan wakaf. Berikut 5 keutamaan wakaf yang perlu Anda ketahui :

1. Membangkitkan Jiwa Peduli Sosial

Meskipun bersedekah telah mengajarkan kepada Anda bagaimana cara peduli terhadap sesama dengan baik. Ternyata melakukan wakaf memberikan impact kepedulian sosial yang lebih tinggi.

Sebab, ketika Anda memberikan sebuah wakaf untuk kepentingan umum di lingkungan. Contohnya seperti pembangunan masjid, mushola, maupun untuk tanah kuburan. Anda telah meringankan beban kebutuhan orang di lingkungan tersebut.

2. Wakaf Menjadi Investasi Akhirat yang Positif

Keutamaan wakaf berikutnya adalah bisa Anda rasakan setelah meninggal dunia. Karena ketika Anda telah meninggal, tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan dan beramal seperti semasa hidup.

Dengan memberikan wakaf, hal ini akan menjadi tabungan Anda setelah meninggal dunia. Tentunya jika tanah atau benda wakaf tersebut terus dikelola dengan baik dan membantu banyak orang.

Contohnya seperti ketika Anda mewakafkan sebuah Al-qur’an di masjid. Ketika seseorang membacanya dan Anda telah meninggal dunia. Maka, setiap kali orang lain membaca ayat Allah melalui Al-qur’an yang Anda wakafkan bertambahlah amalan Anda.

Hal itu juga berlaku pahala wakaf tanah untuk kuburan. Karena setiap tahun selalu ada penduduk sekitar yang meninggal. Tanah kuburan yang Anda wakafkan memiliki nilai manfaat untuk masyarakat sekitar.

Sehingga, hal ini sesuai dengan penjelasan dalam hadist riwayat Muslim “Bahwasanya jika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah semua alamannya kecuali tiga perkara (yaitu) : Sedekah Jariyah, Ilmu bermanfaat, dan do’a anak shaleh.”

Berdasarkan dalil keutamaan wakaf tersebut harusnya bisa membuat setiap orang terus melakukan kebaikan atas nama Allah SWT.

3. Memajukan Islam

Wakaf tidak hanya memberikan Anda keuntungan di akhirat saja melainkan juga selama hidup di dunia. Sebab, dengan memberikan harta wakaf maka Anda telah membantu memajukan syiar Islam.

Salah satunya dengan pendirian mushola agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan langsung di rumah Allah SWT. Selain itu, harta wakaf juga memberikan manfaat kepada pihak yang membutuhkannya.

Anda sebagai pemberi wakaf selain mendapatkan pahala, juga pasti merasa bahagia karena dapat membantu lingkungan sekitar.

4. Membangun Tali Persaudaraan agar Lebih Erat

Keutamaan wakaf yang lainnya adalah berhubungan dengan persaudaraan. Dengan menciptakan sebuah tempat yang sejuk demi kepentingan umum, maka Anda telah berusaha untuk membangun tali persaudaraan lebih erat.

Sehingga tercapailah sebuah sarana yang bermanfaat dari harta wakaf tersebut.

5. Hati Merasa Damai

Berada di dalam lindungan Allah SWT dan memberikan kebaikan atas agama-Nya, maka akan menciptakan perasaan damai secara pribadi. Sehingga, tidak akan ada pikiran buruk yang mengganggu.

Sehingga, wakaf tidak hanya memberikan manfaat terhadap lingkungan. Ternyata juga memberikan efek tersendiri kepada pelaku wakaf.

Nah, itulah beberapa informasi terkait keutamaan wakaf, jenis dan juga syarat pelaksanaannya. Anda bisa mempelajarinya jika ingin memberikan harta wakaf kepada lingkungan yang membutuhkan.

Jika bingung ingin menyalurkannya kepada siapa dan takut tidak tepat sasaran. Anda bisa mempercayakannya kepada situs resmi berkahsahabatyatim.com.

Situs resmi ini telah dipercaya dalam menangani permasalahan sosial dan sangat amanah saat membagikannya kepada pihak yang membutuhkan.