Ide Menu Buka Puasa Segar yang Nikmat


Ide Menu Buka Puasa Segar yang Nikmat

  

Moment berbuka puasa merupakan waktu yang dinanti banyak orang setelah seharian berpuasa. Hal itulah yang membantu Anda perlu menyiapkan menu buka puasa segar untuk menambah semangat berpuasa.

Bukan tanpa alasan, karena pola makan daripada hari-hari tidak berpuasa akan berbeda, Bukan hanya mengubah waktu makannya saja, tapi Anda perlu memperhatikan menunya.

Ide Menu Buka Puasa Segar

Moment spesial yaitu berbuka puasa dengan menu yang menyegarkan akan menjadi modal sekaligus menemani aktivitas Anda seharian. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan berbuka dan sahur dengan hidangan yang tepat. Berikut beberapa menu buka puasa sederhana yang segar sebagai referensi ide menu berbuka puasa :

1. Manisan Pepaya

Menu buka puasa segar pertama yaitu manisan pepaya. Setelah aktivitas padat seharian ditambah berpuasa, Anda bisa mencoba berbuka dengan manisan pepaya. Ada banyak kandungan manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh Anda.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda tinggal mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti buah pepaya muda, gula pasir, kayu manis, air, bubuk kapur dan tentunya pewarna makanan sesuai selera masing-masing.

Jika semua sudah Anda persiapkan, maka ikutilah langkah sebagai berikut :

● Langkah pertama, kupas pepaya dan buang bijinya.

● Potong tipis kurang dari 1 cm, dan rendam terlebih dahulu ke air kapur selama 1 jam.

● Jika sudah, langsung bilas, bersihkan dan tiriskan.

● Rebus air, gula, kayu manis, dan pewarna makanan, jangan lupa aduk hingga mendidih.

● Masukan pepayanya dan rebus kurang lebih 30 menit.

● Terakhir matikan kompor dan biarkan papaya dalam panci yang tertutup selama semalaman. Jika sudah, tiriskan dan biarkan dingin untuk segera Anda nikmati ketika buka puasa.

2. Jus Kurma Susu

Menu buka puasa kekinian yang segar selanjutnya yaitu jus kurma susu. Kurma merupakan buah yang tidak bisa Anda lewatkan ketika berbuka puasa, apalagi kurma juga dinikmati oleh Rasulullah SAW.

Karena buah kurma mengandung banyak mineral seperti fosfor, kalium, kalsium dan lainnya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Dengan begitu, mengkonsumsi kurma akan membuat tubuh Anda sehat dan bugar.

Cara membuatnya pun cukup mudah, tentu Anda harus memulai dengan mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Antara lain buah kurma, gula atau madu, susu UHT Full Cream dan es batu.

Untuk langkahnya Anda bisa mengikuti dengan mudah sebagai berikut :

● Bersih, cuci dan pisahkan kurma dari bijinya.

● Potong atau cincang kurma sesuai selera.

● Masukan susu UHT full cream, kurma, gula atau madu, lalu blender hingga tercampur rata.

● Jika sudah, saringlah susu kurma dan tuangkan ke dalam gelas. Lalu jangan lupa tambahkan ice untuk menambah kesegarannya.

3. Es Sunkist Kelapa

Menu buka puasa segar selanjutnya masih datang dari minuman yaitu es Sunkist kelapa. Buah kelapa yang manis berpadu asam sunkist tentu membuat kesegaran alami akan terasa.

Cara membuatnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Langkah pertama mempersiapkan semua bahan-bahannya seperti kelapa yang sudah diserut, air matang, biji selasih, sirup Sunkist, gula serta es batu.

Jika semua sudah Anda persiapkan dengan baik, siapkan air matang, beri sirup sunkist, gula dan selasihnya. JIka sudah merata, Anda tinggal menambahkan serutan kelapa dan es batu.

4. Es Cincau

Selain menu buka puasa segar di atas, cincau juga mempunyai sensasi fresh. Sehingga, sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai menu buka puasa. Apalagi bahan utamanya terbuat dari daun cincau yang telah melewati proses panjang.

Akhirnya menjadi agar-agar cincau. Agar-agar cincau inilah yang bisa Anda gunakan sebagai campuran sempurna untuk menu es cincau kali ini. Secara umumnya jenis cincau ada dua yaitu cincau hijau dan hitam.

Keduanya sama-sama nikmat dan fresh saat bercampur bersama santa dan gula merah yang Anda cairkan. Anda bisa membeli agar-agar cincaunya pada pasar-pasar tradisional atau modern.

Selain itu, Anda juga membutuhkan es batu, gula yang sudah Anda cairkan, dan santan. Kemudian, campur semua kombinasi tersebut untuk mendapatkan sensasi nikmat dan segar ketika Anda mengkonsumsinya waktu berbuka puasa.

5. Sobyah

Menu Sobyah bisa Anda jadikan sebagai menu buka puasa segar. Menu ini sendiri merupakan minuman dingin khas Arab yang terbuat dari roti gandum. Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda butuhkan :

Bahan-bahan untuk membuat Sobyah :

● Roti gandum 1 lembar

● Air sebanyak 1,2 liter

● Gula pasir 300 gram

● Teh bubuk kayu manis 1 sendok

● Makan kapulaga ½ sendok

● Oatmeal atau sereal gandum 1 sendok makan

Cara membuatnya :

● Langkah pertama, Anda bisa memotong roti gandum membentuk dadu.

● Selanjutnya rendam potongan roti, oatmeal, 200 gram gula dengan air 0,6 liter selama 24 jam.

● Kemudian peras roti dan lanjutkan meniriskan dengan saringan. Anda hanya perlu ambil airnya saja.

● Menambahkan kapulaga dan kayu manis dan aduk hingga rata. Barulah meniriskan ulang.

● Barulah menambahkan sisa air dan gula, aduk hingga merata atau gulanya larut dengan sempurna.

● Terakhir, Anda perlu menuang ke dalam mangkuk dan dinginkan,

6. Urap Sayur

Anda juga bisa membuat menu buka puasa ala kampung yaitu urap sayur yang nikmat dan fresh. Urap sayur yang di dalamnya terdapat berbagai bahan segar, karena bahan utamanya sayuran.

Ada berbagai macam sayuran yang bisa Anda gunakan seperti kenikir, daun singkong, daun pepaya, kacang panjang, tauge, dan daun kemangi. 

Selain itu, juga perlu bahan penambah citarasa seperti kelapa, air asam, daun jeruk, gula dan garam. Sementara itu untuk bumbu halusnya Anda bisa menyiapkan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, kencur, gula merah dan garam. 

Jika semua bumbu halus sudah Anda siapkan. Selanjutnya, tumis bumbu halus hingga harum dan beberapa saat masukan kelapa yang sudah Anda patut serta daun jeruk, aduk hingga rata dan tunggu hingga matang. 

Jika sudah Anda tinggal mengangkatnya. Setelah itu, semua bahan sayuran Anda potong-potong, bersihkan dan rebus hingga matang. Jika sudah lanjutkan untuk mencampurkan bumbu dan macam-macam sayuran tersebut.

7. Ikan Salmon Panggang Bumbu

Menu buka puasa yang enak dan segar terakhir yaitu Ikan Salmon panggang bumbu. Ikan salmon dengan bumbu rempah khas Indonesia ditambah adanya ketumbar yang tercium sangat wangi.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ketahui dan ikuti :

● Mempersiapkan bahan, diantaranya salmon fillet sesuai selera, daun ketumbar segar, minyak zaitun, bawang putih, perasan air lemon, garam dan merica bubuk.

● Selanjutnya panaskan oven , letakan salmon pada piring dan beri taburan garam serta merica.

● Masukan bawang putih, daun ketumbar, minyak zaitun dan garam ke dalam blender, dan haluskan.

● Lalu gunakan setengah bumbu halus untuk melapisi irisan salmon. Masukan irisan salmon ke dalam oven hingga matang.

● Sajikan salmon, dan tuang sisa bahan ke blender sebagai topingnya.

● Barulah salmon Anda siap untuk dipanggang.

Itulah menu buka puasa segar yang bisa Anda jadikan referensi. Pilih menu yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda, atau bisa memilih semua menu untuk hari yang berbeda-beda.

Selain menu buka puasa yang perlu dipersiapkan, Anda perlu juga menyiapkan amalan terbaik. Salah satunya bersedekah. Kini Anda bisa menyalurkan sedekah melalui Yayasan Berkah Yatim Indonesia. Mari salurkan sedekah sekarang.