Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Muslim Wajib Tahu


Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan, Muslim Wajib Tahu

   

Ramadhan merupakan bulan saat umat muslim meningkatkan ibadah, termasuk bersedekah. Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan telah dijelaskan pada sejumlah ayat dan hadist. Sehingga banyak umat Islam yang berbondong-bondong menjalankannya.

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Sedekah adalah ibadah dalam bentuk berbagi dengan orang lain sebagai perwujudan rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

Dalam sabda Rasulullah SAW, disebutkan bahwa pintu surga akan terbuka bagi orang-orang yang bersedekah. Rasulullah juga menunjukkan keteladanan sikap dermawan. Bahkan para sahabat menyebut Rasulullah sebagai sosok yang pemberani dan dermawan.

Pada bulan Ramadhan yang penuh berkah, semua ibadah dan amalan akan mendapatkan ganjaran berlipat ganda. Sedekah termasuk sebagai salah satunya.

Hadist riwayat HR Tirmidzi memperkuat keutamaan ibadah ini: “Sedekah paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan.”

Berikut keutamaan sedekah di bulan Ramadhan:

1. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan sedekah yang pertama yaitu termasuk amalan baik yang mana akan mendapatkan pahala berlipat ganda saat dilakukan selama Ramadhan.

Keutamaan tersebut tertuang dalam firman Allah pada Al-Qur’an surat Al-Hadid ayat 18.

Dalam ayat itu, disampaikan bahwa orang-orang yang menafkahkan sebagian harta mereka tanpa mengungkit dan tidak menyakiti perasaan orang yang menerima akan mendapat pahala berlipat ganda.

Ayat tersebut juga menjelaskan bahwa bukan hanya pahala yang berlipat ganda, orang yang berbuat kebaikan juga akan mendapatkan pahala yang baik di sisi Allah, yaitu surga.

2. Menghapus Dosa

Selain mendapat pahala, orang yang bersedekah akan memperoleh ampunan atas dosa mereka. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR Tirmidzi)

Penghapusan dosa oleh sedekah hendaknya dibarengi dengan taubat dan mendekatkan diri kepada Allah. Maksudnya, kaum mukmin tidak bisa lantas menganggap semua dosa sudah impas dengan menyumbang sejumlah uang sebagai bentuk sedekah. 

3. Mendapatkan Pahala Orang yang Berpuasa

Salah satu bentuk sedekah yang banyak umat muslim lakukan saat Ramadhan adalah membagikan hidangan untuk buka puasa. Amalan ini akan mendapatkan ganjaran pahala yang setara dengan pahala orang berpuasa.

Hal tersebut dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW:

“Orang yang memberi hidangan buka untuk orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun.” (HR Tirmidzi)

4. Merasa lapang dada dan bahagia

Orang yang gemar bersedekah akan merasa kelapangan dada dan bahagia. Keutamaan ini memberikan manfaat positif bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Dalam hadist riwayat Bukhari, sabda Rasulullah mengumpamakan orang pelit dan orang yang gemar bersedekah seperti dua orang dengan baju besi yang menutupi dada hingga selangkangan.

Orang yang bersedekah merasa bajunya lapang dan longgar, ujung jarinya tidak terlihat dan baju besi tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang pelit merasa setiap lingkar baju besi melekat dengan erat di kulit tanpa bisa dilonggarkan.

5. Membebaskan dari Siksa Kubur dan Neraka

Keutaman bersedekah selanjutnya adalah membebaskan dari siksa kubur. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur,” (HR Thabrani).

Hadits lain menyebutkan bahwa sedekah juga dapat membebaskan dari siksaan api neraka.

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah,” (HR Bukhari dan Muslim).

Hadist tersebut juga menyampaikan bahwa sedekah tidak harus berjumlah besar sehingga hanya orang kaya yang dapat melakukannya. Sedekah dapat berupa berbagi hal sederhana, bahkan satu biji kurma masih terhitung sedekah.

Apabila tidak mampu memberikan barang, maka umat muslim masih bisa bersedekah dengan kalimah thayyibah atau amalan yang baik.

6. Jaminan Surga

Kaum mukmin yang melakukan amalan baik saat bulan Ramadhan akan mendapatkan jaminan surga. Amalan tersebut meliputi puasa, sedekah, dan shalat malam.

Keutamaan ini terdapat dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam. Sementara bagian dalamnya dapat dilihat dari luar.

Allah menganugerahkan nya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat ketika kebanyakan manusia tidur,” (HR Tirmidzi).

7. Keberkahan Rezeki

Bersedekah selama bulan Ramadhan memiliki keutamaan berupa rezeki yang berkah. Artinya, harta orang yang melakukan sedekah tidak akan berkurang. Sedekah tidak akan menyebabkan orang yang berkecukupan jatuh miskin.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Para ulama menyebutkan bahwa keberkahan rezeki dari sedekah meliputi dihindarkan dari bahaya. Selain itu, orang yang bersedekah akan mendapatkan banyak pahala berlipat-lipat.

Untuk mendapatkan keutamaan lebih, Anda dapat melakukan sedekah di hari Jum’at bulan Ramadhan.

8. Pahala Sedekah Terus Bertambah

Allah SWT akan mengembangkan pahala dari orang yang melakukan amalan sedekah hingga menjadi berlimpah. Hadits riwayat Tirmidzi menggambarkan bertambahnya pahala ini dari sebiji menjadi sebesar gunung Uhud.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan anak kuda.

“Sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud,” (HR. Tirmidzi 662).

9. Mencegah Perbuatan Maksiat

Perbuatan maksiat dapat berupa kecurangan kecil selama melakukan transaksi jual beli. Terlebih lagi, transaksi selama bulan Ramadhan hingga lebaran akan mengalami peningkatan pesat. Sehingga bisa jadi pedagang yang baik ikut tergiur mencurangi harga.

Bersedekah memberikan keutamaan untuk mencegah perbuatan maksiat selama jual beli. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual beli. Maka hiasilah jual beli kalian dengan sedekah,” (HR Tirmidzi).

Pasalnya, selain sebagai bentuk ibadah, bersedekah juga memberi manfaat dalam mengembangkan rasa empati pada orang yang belum berkecukupan. Dengan demikian, melalui sedekah umat muslim akan lebih peduli terhadap sesama.

10. Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Pada hari akhir, tidak ada naungan selain dari Allah. Rasulullah menyampaikan bahwa ada 7 jenis manusia yang akan mendapatkan naungan tersebut, salah satunya adalah manusia yang bersedekah.

Ini artinya, bersedekah dapat menjadi investasi untuk menghadapi hari penghakiman. Amalan baik dari bersedekah dapat menyelamatkan dari api neraka. Oleh karena itu, banyak umat muslim yang melakukan sedekah jariyah di bulan Ramadhan.

Demikianlah 10 keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Setelah mengetahui keutamaan sedekah, umat muslim yang baik tentu tergerak untuk melakukannya.

Salah satu sedekah yang utama adalah memberikan santunan pada anak yatim. Anda dapat menyalurkan bantuan melalui Yayasan Berkah Yatim Indonesia. Lembaga ini merupakan Yayasan amal non profit yang terdaftar resmi di Kemenkumham RI.

Yayasan Berkah Yatim Indonesia melakukan pengelolaan dana untuk tahfidz Al-Qur’an dan Dhuafa. Sehingga donasi akan digunakan untuk keperluan terkait.

Anda bisa mendapatkan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan, dengan memberikan donasi melalui https://berkahsahabatyatim.com/. Anda juga bisa menghubungi kami lewat WhatsApp pada nomor: 0819-1200-2001.