Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Berkah Yatim Indonesia


Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Berkah Yatim Indonesia

Pemberdayaan anak yatim adalah meningkatkan harkat martabat anak yatim, melepaskan diri dari ketidakberdayaan, memiliki kemampuan menjalani hidup lebih baik. Dalam Al-Quran kedudukan anak yatim mendapat perhatian khusus. Keseluruhan ayat yang memerintahkan kepada kaum muslimin untuk menyantuni, membela dan melindungi anak yatim. Hal ini disebabkan karena pada diri anak yatim terdapat beberapa kelemahan yang memerlukan pihak lain untuk membantu. Kondisi yatim dalam Al-Qur‟an sangat mulia dan di muliakan bahkan ada beberapa ayat yang kandungan isinya memerintahkan umat islam untuk menjaga dan memelihara anak yatim, seperti surat Al-Maun ayat 1-3 menjelaskan status muslim yang menzholimi anak yatim, surat al Baqarah ayat 220 tentang pemeliharaan diri anak yatim, surat ad-dhuha ayat 6-9 tentang pemliharaan anak yatim.

Pemberdayaan bisa diartikan juga sebagai perubahan kepada arah yang lebih baik dari tidak berdaya menjadi berdaya. Pemberdayaan terkait dengan upaya meningkatkan taraf kehidupan ke tingkat yang lebih baik. Sehingga pemberdayaan memiliki upaya mendorong (encourage), memberikan motivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang di miliki serta berupaya untuk mengembangkannya. Pemberdayaan anak sendiri merupakan upaya untuk memandirikan anak yatim lewat perwujudan potensi kemampuan yang mereka miliki. Yang di ukur dari perkembangan kognitif, emosi, spiritual dan keterampilan. Konsep pemberdayaan anak yatim telah tertuang dengan sempurna di dalam Al-Qur’an. Bahkan seluruh aspek pemberdayaan, baik dari segi kognitif,emosi, spiritual dan keterampilan telah di kemukakan secara tegas dalam Al-Qur’an. Dari ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah di kemukakan tadi setidaknya memiliki 3 ranah tema besar yakni perawatan diri dan jiwa anak yatim, pembinaan pendidikan dan moral anak yatimserta investasi harta mereka.

Tujuan dan Konsep Pemberdayaan anak yatim

1. Tujuan Pemberdayaan anak yatim

Tujuan yang ingin diraih dari pemberdayaan ialah untuk menciptakan pribadi dan anak-anak yatim yang lebih mandiri. Kemandirian juga terbagi dengan kemandirian berfikir, bertindak, dan mengembalikan apa yang telah mereka laksanakan. Untuk meraih kemandirian dibutuhkan sebuah proses pembelajaran. Melalui proses pembelajaran maka secara spesifik akan mendapatkan potensi atau daya secara terus- menerus. Pemberdayaan bertujuan untuk meningkatkan potensi orang yang lemah dan tidak beruntung seperti seorang penyandang disabilitas. Adapun tujuan yang lainnya, pemberdayaan bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan kesendirian dalam melaksanakan kegiatan peningkatan kesejahteraan, serta meningkatkan potensi usaha dalam membangun sumber pendapatan keberhasilan dalam perekonomiannya. Meskipun begitu, tujuan dan sasaran pemberdayaan itu harus sesuai dengan bidang pembangunan yang dilaksanakan. Dari penjelasan di atas dapat saya ambil kesimpulan bahwasanya tujuan pemberdayaan itu ialah membentuk kemandirian anak-anak yatim terutama dari kemiskinan, kesenjangan dan ketidakberdayaan.

2. Konsep Pemberdayaan anak yatim

Konsep Pemberdayaan pada umumnya adalah usaha menjadikan kondisi kemanusiaan yang adil dan beradab menjadi semakin efektif secara struktural, baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat, Negara, regional, internasional, maupun dalam bidang politik, ekonomi, dan lain-lain. memberdayakan anak yatim ialah usaha untuk meningkatkan harkat dan martabat anak-anak yang dalam kondisi sekarang tidak sanggup melepaskan diri dari kemiskinan dan keterbelakangan.

Berkah Yatim Indonesia adalah sebuah Yayasan yang berdiri pada akhir tahun 2020. Didorong oleh idealisme tulus serta keinginan untuk memberikan sumbangan terbaik bagi umat dan bangsa guna mencetak generasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Karenanya doa, bantuan dan dukungan dari berbagai pihak sangat kami nantikan untuk mewujudkan cita cita mereka. Sesungguhnya bukan anak-anak yatim yang butuh kepada kita, tapi kitalah yang membutuhkan mereka. Karena janji Allah siapa yang memenuhi kebutuhan mereka maka Allah yang akan memenuhi kebutuhan kita. Mari kita hidupkan hati kita karena hidup itu bukan sekedar hidup tapi hidup itu untuk yang Maha Hidup.

Salurkan bantuan Anda dalam mendukung program-program yayasan melalui portal donasi berikut : https://berkahsahabatyatim.com/donasi/home#/

atau langsung melalui Rekening (a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia)

yang telah kami sediakan :

  • Rekening BSI (451): 714 8434 306
  • Mandiri (008): 182 000 664 5022
  • Rekening BNI (009): 118 0279 271

a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia