Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat


Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat adalah usaha untuk menjadikan ekonomi yang kuat, besar, modern, dan berdaya saing tinggi dalam mekanisme pasar yang benar. Karena kendala pengembangan ekonomi rakyat adalah kendala struktural, maka pemberdayaan ekonomi rakyat harus dilakukan melalui perubahan struktural. Pemberdayaan  ini dilakukan untuk mendorong, memotivasi, dan menggali potensi yang dimiliki masyarakat. Dengan begitu, kondisi masyarakat akan berubah dari yang tidak berdaya menjadi berdaya. Pemberdayaan ini dilakukan supaya masyarakat kurang mampu dapat melepaskan diri dari kemiskinan.

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

1. Pemberdayaan UMKM

Program yang pertama adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM. Pemberdayaan yang satu ini akan melihat mengenai potensi yang ada di daerah tersebut. Misalnya saja Kota Klaten, Kota Klaten terkenal dengan salah satu kerajinannya yakni Lurik. Maka dengan adanya pemberdayaan UMKM ini, masyarakat sekitar bisa lebih mengoptimalkan hal tersebut untuk kesejahteraan bersama.Untuk membantu mensejahterakan masyarakat tersebut, peran pemerintah juga dibutuhkan. Pemerintah bisa memberikan subsidi khusus untuk para pelaku usaha ini, khususnya untuk pelaku usaha mikro. Sehingga masyarakat bisa mengoptimalkan usahanya agar tetap sejahtera.

2. Kampung Wisata

Memunculkan ide bagi masyarakat di kota atau wilayah tertentu untuk membuat wilayah tersebut menjadi destinasi wisata, misalnya Kampung Warna Warni di Kota Malang.

3. Pelatihan BUMDes

BUMDes merupakan suatu usaha desa berbadan hukum yang dikelola oleh Pemerintah Desa. Modal dari usaha ini datang dari berbagai sumber seperti pemerintah, tabungan masyarakat, atau pinjaman.

4. Peningkatan Hasil Panen

Langkah sosialisasi awal yang ditempuh pemerintah adalah memberikan motivasi kepada para petani untuk membuat saluran irigasi yang hemat supaya tanaman dapat tetap tumbuh sekalipun pada musim kemarau berkepanjangan.

Dampak Positif Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Setelah tadi mengetahui berbagai contoh pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, saatnya Anda memahami dampak positif dari program ini. Program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini ternyata membawa beberapa dampak positif. Penasaran apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Masyarakat Lebih Mandiri

Dengan adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat ini, masyarakat bisa lebih mandiri. Pasalnya, merekalah yang akan menjalankan perekonomiannya sendiri. Masyarakat akan menentukan sendiri apa saja potensi yang bisa diangkat, kemudian bagaimana cara menjalankan potensi tersebut. Jadi secara tidak langsung, masyarakat bisa lebih mandiri untuk mengelola perekonomiannya sendiri. Kemudian lama-kelamaan perekonomiannya akan lebih sejahtera. 

2. Kemitraan Terjalin dengan Baik

Ketika mengadakan program pemberdayaan masyarakat ini bukan hanya memberikan suntikan modal saja. Namun juga perlu terjalin kemitraan yang baik diantara pihak yang sudah maju dengan yang masih berkembang. Dengan menjalin kerja sama seperti ini, masyarakat akan saling menguatkan dan memberikan dukungan untuk maju. Jadi bukan hanya 1 pihak saja, melainkan semua pihak akan bisa menjalankan perekonomian yang kuat dan berkembang. Dengan begitu, mereka semua akan saling menjaga agar semuanya bisa maju secara bersamaan.  

3. Menguatkan Ekonomi Industri Kecil

Meskipun hanya berskala kecil, namun perekonomian masyarakat tidak bisa lepas dari peran industri kecil. Dengan adanya program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini akan membantu para industri kecil untuk menguatkan perekonomiannya. Seperti yang telah kita ketahui, industri kecil sangat rentan terhadap potensi gulung tikar. Tanpa adanya bantuan maupun pembinaan dari industri yang sudah maju, industri kecil tidak mampu bertahan. Sehingga dibutuhkan bantuan untuk mempertahankan industri kecil tersebut agar tetap tumbuh dan berkembang. Jadi tidak heran jika program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini sangat dibutuhkan untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan begitu, industri-industri kecil yang ada akan tetap bertahan dan semakin maju. Sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat yang ada disekitarnya.

Berkah Yatim Indonesia adalah sebuah Yayasan yang berdiri pada akhir tahun 2020. Didorong oleh idealisme tulus serta keinginan untuk memberikan sumbangan terbaik bagi umat dan bangsa guna mencetak generasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Berawal dari sebuah renungan sederhana, dimana banyak sekolah-sekolah islam yang berkualitas dan menghasilkan hasil anak- anak islam yang berkualitas pula. Namun bayaran sekolah berkualitas itu amatlah mahal karena sesuai dengan kualitas pendidikannya. Sehingga terkesan sekolah berkualitas itu untuk anak-anak yang memiliki kemampuan finansial orang tuanya yang cukup.

Donasi

Salurkan bantuan Anda melalui Rekening yang telah kami sediakan :

  • Rekening BSI:  714 8434 306
  • Mandiri: 182 000 664 5022
  • Rekening BNI: 118 0279 271

 a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia