Pendidikan Anak Yatim Yayasan Berkah Yatim Indonesia


Pendidikan Anak Yatim Yayasan Berkah Yatim Indonesia

Pendidikan Anak Yatim - Anak yatim dan piatu merupakan kondisi sosial yang selalu ada disetiap bagian masyarakat, baik itu masyarakat maju maupun masyarakat rendah. Di setiap wilayah di indonesia selalu ada kehidupan anak yatim dan piatu dalam keadaan tidak baik, karena hilangannya tulung punggung pencari nafkah dan/atau sosok orangtua di dalam hidupnya. Anak yatim dan piatu membutuhkan penghidupan layaknya seperti anak – anak seusianya, mereka memegang hak yang sama dengan hak anak pada umumnya seperti hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang secara maksimal, namun sayangnya anak yatim dan piatu yang memiliki kemampuan ekonomi rendah pada akhirnya susah mendapatkan hak mereka, sehingga anak yatim dan piatu berada dalam keadaan terlantar bahkan mengalami perlakuan salah dan tindakan kekerasan.

Keadaan anak yatim dan piatu seperti ini lah yang seharusnya mendapatkan perhatian serius, jangan sampai karena kemampuan ekonomi keluarga yang rendah membuat mereka patah semangat dan kehilangan arah, mereka harus dirangkul agar bangkit dari keterpurukan dengan mendapatkan hak – hak mereka, dengan adanya kerjasama yang baik antara keluarga, masyarakat, serta pemerintah dalam memberikan perawatan, bimbingan, pemeliharaan, kesehatan, dan pendidikan. Upaya ini dapat membuat anak yatim dan piatu tidak akan merasakan hilangnya hak – hak mereka. Namun sayangnya masih banyak diantara mereka belum menerima bantuan secara menyeluruh dan terpadu dari pemerintah dan lingkungan sekitarnya. Sudah banyak program – progaram yang telah dijalankan oleh pemerintah dan lembaga – lembaga bergerak di bidang sosial, tetapi dibalik itu masih belum cukup terpenuhinya tanggung jawab dalam pemeliharan anak yatim dan piatu.

Cara Membantu Pendidikan Anak Yatim

Memberi Buku Bacaan

Dalam pepatah menyebutkan bahwa buku adalah jendela dunia, artinya setiap orang bisa mendapatkan ilmu karena membaca sebuah buku. Setiap panti tentu membutuhkan ruangan khusus yang berisi buku seperti perpustakaan pribadi agar anak-anak bisa mendapatkan ilmu pengetahuan darinya. Buku bacaan yang disarankan adalah buku khusus anak-anak baik buku pelajaran yang menyenangkan, buku cerita, komik, cerpen, dan lain sebagainya.

Memberikan Beasiswa Khusus Untuk Anak Yatim

Beasiswa memang ditujukan untuk siapapun yang sedang membutuhkan, karena itulah anak yatim wajib hukumnya mendapatkan beasiswa agar bisa belajar dengan layak sebagaimana anak lainnya. Jika dulu beasiswa ditujukan untuk jenjang perguruan tinggi saja, sekarang muka TK sudah ada beasiswanya. Memberikan beasiswa khusus untuk anak yatim hendaknya segera dilakukan agar lebih mudah.

Memberikan Fasilitas Belajar Yang Layak

Fasilitas belajar yang digunakan anak yatim haruslah layak agar bisa mendapatkan ilmu dengan maksimal. Memberikan berbagai peralatan belajar adalah salah satu cara yang kita lakukan, contohnya adalah memberikan buku tulis, peralatan tulis, peralatan menggambar, meja, dan lain sebagainya. Dijamin anak-anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan sangat senang menerima fasilitas yang diberikan dan bisa lebih semangat dalam belajar.

Berkah Yatim Indonesia adalah sebuah Yayasan yang berdiri pada akhir tahun 2020. Didorong oleh idealisme tulus serta keinginan untuk memberikan sumbangan terbaik bagi umat dan bangsa guna mencetak generasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Berkah Yatim Indonesia telah terdaftar di Kemenkumham RI yang fokus kepada pengelolaan dana sosial untuk Pondok tahfidz Al Quran Yatim dan Dhuafa di Indonesia. 

Salurkan bantuan Anda dalam mendukung program-program yayasan melalui portal donasi berikut : https://berkahsahabatyatim.com/donasi/home

atau langsung melalui Rekening (a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia)yang telah kami sediakan :

  • Rekening BSI (451): 714 8434 306
  • Mandiri (008): 182 000 664 5022
  • Rekening BNI (009): 118 0279 271

a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia