Program Sosial Masyarakat


Program Sosial Masyarakat

Program Sosial Masyarakat- Dalam kehidupan empirik, aspek agama diperlihatkan melalui ekspresi simbol dari kebudayaan yang banyak ditemukan dalam tradisi lokal yang mempunyai label atau identitas keagamaan yang secara definisi menggambarkan manifestasi takzim dan khidmat bagi pemeluknya. Tradisi ini umumnya muncul dengan suatu motif sosial, ekonomi maupun keagamaan. Namun dalam mengikuti suatu tradisi dalam agama bisa jadi seorang individu tidak hanya didorong oleh suatu keinginan untuk meningkatkan solidaritas sosial tetapi juga didorong oleh motif yang bersifat pribadi, seperti memenuhi kewajiban agama, memperoleh keselamatan atau ketenteraman jiwa dan menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang sudah mapan. Oleh karena itu kajian mengenai tradisi keagamaan dalam masyarakat menjadi semakin menarik, karena besar kemungkinan untuk menemukan bentuk aslinya, dan juga memungkinkan untuk melacak gagasan-gagasan yang melatarbelakangi tindakan keagamaan. Selain itu dalam tradisi keagamaan manusia mengekspresikan apa yang menjadi kehendak dalam pikiran mereka. 

Dengan kata lain mempelajari suatu tradisi berarti mempelajari nilai-nilai yang sangat penting dalam masyarakat dan agama. Pada UU Nomor 4 Tahun 1979, LN. 19979-32 tentang Kesejahteraan Anak, pasal 4 (1) menyatakan bahwa “anak yang tidak mempunyai orang tua berhak memperoleh asuhan oleh negara atau orang atau badan”. Anak yatim dan orang miskin adalah golongan mustadh’afin yang wajib diperhatikan kehidupan, perbaikan dan peningkatan hidup mereka.

Memberdayakan, meningkatkan dan memajukan anak yatim dan orang miskin yang tidak lain adalah kaum dhuafa hukumnya adalah wajib. Anak yatim ialah seorang anak yang masih kecil, yang belum mampu berdiri sendiri dan ditinggalkan oleh orang tua yang menanggung biaya penghidupannya. Dalam pandangan Islam anak yatim mempunyai kedudukan istimewa di sisi Allah SWT dan Rasul-Nya, sehingga hal ini tiada lain untuk menjaga kelangsungan hidup anak yatim, agar tidak terlantar hingga menjadi orang yang tidak bertanggung jawab.

Tujuan Program Sosial Masyarakat

Tujuan dari kegiatan ini adalah membina kepedulian masyarakat terhadap  anak yatim piatu. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pendidikan masyarakat, yakni dengan memberikan pendampingan untuk melaksanakan program santunan melalui kegiatan Yayasan Berkah Yatim Indonesia guna memberdayakan anak-anak yatim piatu. Pelaksanaan program kegiatan dilakukan dalam lima tahap, yakni: (1) sosialisasi; (2) koordinasi; (3) distribusi; (4) pengumpulan dana; dan (5) santunan. Hasil dari kegiatan pengumpulan dana melalui Yayasan Berkah Yatim Indonesia didistribusikan kepada anak yatim piatu yang ada di lingkungan setempat. Kegiatan ini dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan setiap bulan. Melalui program kegiatan santunan Yayasan Berkah Yatim Indonesia terbukti dapat mendidik orang-orang yang mampu untuk mengambil bagian dan berkontribusi pada kesejahteraan anak yatim piatu serta menumbuhkan kesadaran sosial akan mengikat ikatan persaudaraan.

Berkah Yatim Indonesia (BYI)

Berkah Yatim Indonesia adalah sebuah Yayasan yang berdiri pada akhir tahun 2020. Didorong oleh idealisme tulus serta keinginan untuk memberikan sumbangan terbaik bagi umat dan bangsa guna mencetak generasi yang bermanfaat bagi banyak orang.

Berawal dari sebuah renungan sederhana, dimana banyak sekolah-sekolah islam yang berkualitas dan menghasilkan hasil anak- anak islam yang berkualitas pula. Namun bayaran sekolah berkualitas itu amatlah mahal karena sesuai dengan kualitas pendidikannya. Sehingga terkesan sekolah berkualitas itu untuk anak-anak yang memiliki kemampuan finansial orang tuanya yang cukup. 

Lalu bagaimana dengan mereka anak-anak yang dhu'afa? Bagaimana dengan anak-anak yatim (yatim piatu)? Mereka juga memiliki potensi kecerdasan yang luar biasa? Potensi kesuksesan yang sama dengan orang-orang yang mampu. "Jangan sampai mereka menyesali lahir dari orang tua yang miskin tapi mereka harus menyesali kalau mati dalam keadaan miskin". Sehingga agar mereka tidak mati dalam keadaan miskin, maka mereka harus bangkit dan maju. Maka kitalah yang harus tergerak dan bergerak untuk membantu mereka.

Berangkat dari keprihatinan itulah maka lahir Yayasan Berkah Yatim Indonesia untuk menolong agama Allah, agar mereka anak-anak yatim dan dhu'afa itu memiliki fotensi maju dan sukses yang sama.

Karenanya doa, bantuan dan dukungan dari berbagai pihak sangat kami nantikan untuk mewujudkan cita cita mereka. Sesungguhnya bukan anak-anak yatim dan dhu'afa yang butuh kepada kita, tapi kitalah yang membutuhkan mereka. Karena janji Allah siapa yang memenuhi kebutuhan mereka maka Allah yang akan memenuhi kebutuhan kita. Mari kita hidupkan hati kita karena hidup itu bukan sekedar hidup tapi hidup itu untuk yang Maha Hidup.

Salurkan bantuan Anda dalam mendukung program-program yayasan melalui portal donasi berikut : https://berkahsahabatyatim.com/donasi/home#/program

atau langsung melalui Rekening (a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia)yang telah kami sediakan :

  • Rekening BSI (451): 714 8434 306
  • Mandiri (008): 182 000 664 5022
  • Rekening BNI (009): 118 0279 271

a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia