Wakaf Pondok Pesantren di Yayasan Berkah Yatim Indonesia


Wakaf Pondok Pesantren di Yayasan Berkah Yatim Indonesia

Wakaf Pondok Pesantren Merupakan Kesempatan Terbaik Untuk Meraih Pahala Berlipat Ganda Mengalir Tanpa Putus! Wakaf Online Dapat Dilakukan Dengan Sangat Mudah. Wakaf dilihat dari segi peruntukannya telah dikenal semenjak terbentuknya tatanan kehidupan di muka bumi. Kebutuhan akan sarana dan fasilitas umum mendorong masyarakat untuk bersama-sama atau secara sendiri-sendiri menyediakan berbagai pelayanan umum yang dapat dinikmati oleh setiap anggota masyarakat. Di Indonesia antara abad 7 dan 8 M wakaf sudah mulai tumbuh dan berkembang seiring dengan sejarah masuknya Islam. Salah satu kebutuhan vital dalam menjalankan kewajiban agama adalah adanya sarana ibadah berupa masjid, mushala, surau, atau langgar. Sarana ibadah seperti ini merupakan wakaf keagamaan yang paling menonjol.

Peran Pondok Pesantren

Pendidikan nasional pada Orde Baru boleh dikatakan minus ponpes. Dana APBN atau APBD tak memberikan porsi sekecil apa pun pada ponpes. Kalaupun ada bantuan pemerintah, saat itu lebih bersifat tendensius karena secara tidak langsung menggiring ponpes berada pada posisi kepemihakan pada salah satu parpol tertentu. Era reformasi memang telah memberikan porsi anggaran bagi lembaga pendidikan ponpes. Direktorat Kepesantrenan yang kini berada di bawah Departemen Agama menjadi bukti nyata kendati porsi anggarannya belum signifikan.

Ponpes menjadi alternatif bagi masyarakat karena biayanya relatif lebih murah. Keadaan ini telah berjalan sejak dulu, pesantren dianggap sebagai cikal-bakal pendidikan masyarakat pinggiran karena biaya yang relatif terjangkau. Masyarakat pedesaan banyak menitipkan anaknya. Kini ponpes banyak diminati oleh masyarakat perkotaan karena terbukti lebih aman bagi putra putri mereka di dalam membendung arus globalisasi yang berdampak negatif. Sementara itu, sekolah-sekolah modern mulai mengadopsi sistem pendidikan ponpes dengan mengembangkan sekolah terpadu plus boarding school.

Wakaf dan Ponpes

Wakaf bagian tak terpisahkan dari perjalanan panjang sejarah ponpes. Ponpes sejak dulu hidup dan berkembang berkat dukungan masyarakat. Lahan tanah yang di atasnya didirikan bangunan umumnya tanah-tanah wakaf. Para kiai dan ajengan berdiri di barisan paling depan memberikan keteladanan mewakafkan tanah dan sawah untuk kepentingan pondok. Para santri juga siap mengolah lahan-lahan sawah tersebut untuk biaya operasional pondok dan biaya hidup santri.

Ponpes yang selama ini terkesan tradisional mulai membuka diri menerima perubahan. Dibenahinya kembali kurikulum pendidikan dengan memasukkan mata pelajaran umum, sembari mengakses berbagai hasil teknologi terkini, internet, infocus, laptop, dan lain-lain. Ribuan kitab kuning yang semestinya membutuhkan ruang perpustakaan besar cukup disajikan dalam sebuah kepingan VCD. Para pengasuh pondok, kiai, ustadz, dituntut hampir 1x24 jam setiap hari mencurahkan perhatian kepada para santri sehingga tak banyak waktu untuk berpikir menambah penghasilan, kecuali sebatas tunjangan, honor/gaji yang minim diterima dari pondok.

Membagikan sebagian rezeki yang didapat kepada anak yatim ini akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Hal ini sudah dijelaskan dalam Qur’an Surah Al Baqarah ayat 270-271 yang bunyinya :

وماانفقتم من نفقة او نذرتم من نذرفإن الله يعلمه وما للظلمين من انصار

ان تبدواالصدقت فنعماهي وان تخفوها خيرلكم ويكفر عنكم من سياتكم والله بما تعملون خبير

Kedua ayat ini menjelaskan tentang keutamaan orang muslim yang bersedekah kepada orang lain. Allah SWT tahu siapa saja hamba-Nya yang bersedekah, bagi seorang muslim lebih baik tidak memberitahukan siapapun ketika dirinya bersedekah. Allah SWT juga nantinya akan memberikan balasan yang setimpal jika rajin bersedekah. Allah SWT tidak tidur dan akan selalu mencatat amal kebaikan yang dilakukan umat manusia. Selain itu juga akan menghapus dosa-dosa hamba-Nya dengan bersedekah.Apalagi jika memberikan salah satu jenis sumbangan untuk anak yatim seperti di atas dan digunakan untuk kepentingan pendidikan, pasti manfaatnya akan terus mengalir sampai meninggal.

Berkah Yatim Indonesia adalah sebuah Yayasan yang berdiri pada akhir tahun 2020. Didorong oleh idealisme tulus serta keinginan untuk memberikan sumbangan terbaik bagi umat dan bangsa guna mencetak generasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Berkah Yatim Indonesia telah terdaftar di Kemenkumham RI yang fokus kepada pengelolaan dana sosial untuk Pondok tahfidz Al Quran Yatim dan Dhuafa di Indonesia.

Salurkan bantuan Anda dalam mendukung program-program yayasan melalui portal donasi berikut : https://berkahsahabatyatim.com/donasi/home#/program

atau langsung melalui Rekening (a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia)

yang telah kami sediakan :

  • Rekening BSI (451): 714 8434 306
  • Mandiri (008): 182 000 664 5022
  • Rekening BNI (009): 118 0279 271

a.n Yayasan Berkah Yatim Indonesia